Selasa, 13 Juli 2010

Manfaat Gandum Utuh

Postingan berikut ini akan sedikit banyak membahas tentang manfaat Gandum Utuh. Tetapi, sebelumnya, mari kita uraikan terlebih dahulu tentang pokok pembahasan kita ini.
  • Apa yang dimaksud dengan Gandum Utuh?
Gandum yang digunakan untuk membuat makanan dapat berbentuk gandum utuh maupun gandum sosoh.
Gandum disebut GANDUM UTUH jika semua bagian gandum tersebut digunakan (bran, endosperm, germ). Gabungan semua bagian gandum mengandung vitamin, mineral dan zat gizinya.

Jika gandum disosoh untuk dijadikan tepung terigu, nasi atau roti, bran dan germ pada gandum dibuang, dan hanya endosperm yang tersisa. Artinya gandum tersebut telah banyak kehilangan serat dan gizi utamanya.
  • Apa Saja Bagian Dari Gandum Utuh?
Gambar di bawah ini adalah jawaban dari pertanyaan di atas, sekaligus apa saja kandungan yang terdapat dari bagian gandum utuh tersebut.

http://i493.photobucket.com/albums/rr297/kimberly0711/grain.gif
  • Mengapa Harus Gandum Utuh?
Kandungan gizi yang terkandung dalam gandum utuh secara bersama-sama membantu Anda dan keluarga Anda agar tetap sehat. Inilah alasan mengapa gandum utuh baik untuk tubuh dan siapa saja. Berikut ini adalah manfaatnya :
  1. Membantu menjaga Berat Badan, Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan gandum utuh lebih kecil kemungkinannya untukk menjadi gemuk. (sumber : Harland and Garton, 2007)
  2. Jantung lebih sehat, Orang yang makan lebih banyak gandum utuh sebagian dari gaya hidup sehatnya cenderung mengalami penurunan resiko penyakit jantung. (sumber : Harvard Nurses Study Liu et.al 1999)
  3. Pencernaan lebih baik, Gandum utuh mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi, yang membantu menyehatkan sistem pencernaan.
  • Manfaat Gandum Utuh Bagi Anak-Anak
Gandum utuh mengandung vitamin, mineral dan serat. Semua kandungan ini hilang pada gandum sosoh. Jadikanlah gandum utuh sebagai komponen penting makanan anak Anda.
  1. Bahan bakar untuk pertumbuhan dan aktivitas, Gandum utuh menjadi sumber energi yang baik. Sebagai karbohidrat kompleks, gandum utuh dicerna secara perlahan-lahan dan melepas energi secara konstan.
  2. Serat untuk kesehatan pencernaan, Gandum utuh mengandung serat yang membantu saluran pencernaan tetap sehat.
  3. Pola makan jangka panjang yang baik, Biasakan anak-anak mengonsumsi makanan sehat seperti gandum utuh mulai dari sekarang.
  4. Manfaat bagi kesehatan : sekarang dan masa depan, Kepastian perolehan energi dan gizi yang memadai sangat penting untuk anak-anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.
Inilah sedikit pembahasan mengenai gandum utuh, bagiannya serta manfaatnya untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat!!!

0 komentar:

Posting Komentar